Total Tayangan Laman

Laman

Senin, 13 Juni 2011

Contoh Analisis Swot

MD Aliyah Darul Muttaqin
I. Seputar Madrasah
Berada ditengah-tengah desa, tempat cukup strategis, berdiri di atas tanah wakap, dibangun dengan danah dari masyarakat.
II. Analisis Swot
1. pendidik
a. Strenght
Semua guru sudah sarjanah, kredibel dengan bidangya masing-masing, dedikasi pengabdian tinggi, memahami keadaan siswa.
b. Weaknes
Gaji tergantung dengan SPP dari siswa, merangkap pekerjaan lain yang diluar sekolah, sering terlambat (kurang disiplin dengan waktu).
2. Peserta didik
a. Strength
Kuantitas yang banyak, mudah dalam memahami pelajaran, ikatan social terjalin dengan baik, minat belajar yang tinggi.
b. Weaknes
Kurang disiplin, susah diatur.
3. Sarana prasarana
a. Strenght
Ruang kelas yang memadai, kantor, ruang rapat, masjid. Kamar mandi.
b. Weaknes
Belum ada perpustakaan, perbaikan terkendala dengan keuangan.
4. Program
a. Strenght
Mengadakan pengajian mingguan bersama masyarakat, Pelatihan pidato dengan bahasa asing, study banding minimal setahun sekali, persiapan dalam mengikuti perlombaan antarsekolah.
b. Weaknes
Terkendala biaya, kurang terkordinir, kadang tidak terealisai.
5. Opportunity
a. Srenght
Masyarakat sekitar cukup mendukung dan terkadang ikut berpartisipasi dalam kegiatan.
b. Weaknes
Harus selalu dikoordinir, selalu sibuk dengan pekerjaan.
6. Treats
Bersaing dengan lembaga pendidikan sekuler, urbanisasi masyarakat dari kota yang membawa dampak negatip.
Visi:
Membentuk Karakter Siswa Yang Berlandasan Agama, Mempunyai Kepedulian Sosial Dan Berwawasan Teknologi
A. Indikator
1. Siswa rajin sholat berjamaah baik di dalam maupun di luar sekolah
2. Siswa Rajin membaca al Quran
3. Mempunyai sopan santun (Islami) di sekolah dan di masyarakat
4. Bisa bersosialisasi dengan masyarakat
5. Peka terhadap perkembangan yang terjadi dimasyarakat
6. Bisa memanfaatkan teknologi yang ada di sekolah dan lingkungan

Misi:
Menumbuhkan Siswa Untuk Selalu Taat Dalam Beribadah Dan Berkarya Di Semua Lini Kehidupan

B. SKL
1. Kognitif
Utama: mengerti hukum agama dengan baik,
Mampu membaca kitab dengan baik, bisa berbahasa Arab dan Inggris,mengerti cara mengoprasikan teknologi
Penunjang: kursus praktek membaca kitab, lab bahasa asing, lab kumputer
2. psikomotorik
utama: bisa ikut berperan dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di dalam dan luar sekolah, ikut berpatisipasi dalam kegiatan masyarakat
penunjang: pengajian di dalam lingkungan sekolah, sholat berjamaah sehabis jam pelajaran, menyediakan alat-alat kerja bakti
3. Afektif
Utama: bisa menjadi contoh dalam keluarga dan lingkungan, bisa memberi motivasi orang lain, ikut membantu memecahkan masalah orang lain
Penunjang: mengadakan diskusi dengan pembahasan masalah-masalah aktual di tengah-tengah masyarakat

C. Materi
1. SKL Utama
a) Al-quran dan al-Hadis
b) Mushtholahulhadis
c) Fikih
d) Ahlak
e) Tauhid
f) Bahasa Arab dan gramatikanya
g) Ilmu Antropologi
h) Bahasa Inggris
i) Bahasa Indonesia
j) Matematika
k) ITI
2. SKL Penunjang
a) Praktek membaca kitab
b) Praktek ibadah
c) Kursus bahasa asing
d) Kursus kumputer
e) Praktek dalam kegiatan di masyarakat

D. Ruang Lingkup Materi dan Tujuannya
1. Al-Quran dan al-Hadis
a. Latar belakang: Al-Quran dan al-Hadis adalah ilmu yang mempelajari tentang wahyu Ilahi dan perkataan Nabi yang menjadi sumber hukum utama dalam menegakkan syariat
b.Tujuan: berusaha memahami makna dan maksud tujuan yang terkandung dalam al-Quran dan Hadis
c. Ruang lingkup al-Quran dan al-Hadis:
a) menterjemahkan kedalam makna yang benar
b) mengkolerasikan antar al-Quran dan al-Hadis

2. Ilmu Mushtholahulhadis
a.Latar belakang: Mushtholahulhadis sangat diperlukan dalam mempelajari tentang istilah-istilah, pembagian dan kualitas hadis serta asbabulwurudnya melalui penelitian sanad dan rawi
b.Tujuan: mengetahui ilmu-ilmu menelusuri hadis, berhati-hati dalam mengamalkan hadis
c. Ruang lingkup ilmu mushtholahulhadis:
a) mengetahui istilah dalam hadis
b) mengetahui pembagian-pembagian hadis
c) mengetahui rawi dan sanad hadis
d) menelusuri asbabulwurud

3. Fikih
a. Latar belakang: Untuk menjadi dasar dalam mengontrol aktivitas kehidupan sehari-hari, baik mengenai ibadah, hubungan dengan sesama manusia, pernikahan, dan hukum perdata pidana, maka fikih sangat diperlukan.
b. Tujuan: Sebagai landasan dalam mengamalkan syariat (terutama dalam beribadah dan muammalah)
c. Ruang lingkup kajian fikih adalah:
a) Fikih Ibadah, meliputi rukun-rukun dan farduh-fardhu ibadah seperti masalah thoharah, sholat, haji, puasa, zakat dan mawaris
b) Fikih Muammalah, meliputi pemahaman tentang ibadah yang berhubungan dengan manusia, seperti jual beli, sewa menyewa, qurban, nazar, dan lain-lain

4. Ahlak
a. Latar belakang: Ahlak adalah ilmu yang mengatur masalah etika dan kesopanan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam berbicara, bergaul serta berpakaian. Ahlak adalh merupakan ekspresi dari ilmu yang dimiliki seseorang, maka ilmu tampa ahlak tidak bisa diterima dimasyarakat.
b. Tujuan: Sebagai benteng dalam pengembangan diri ketika bergaulan dimasyaraka
c. Ruang lingkup ahlak:
a) Ahlak terhadap sang pencipta
b) Ahlak terhadap kedua orang tua
c.) Ahlak terhadap saudara
d) Ahlak terhadap masyarakat
d) Ahlak terhadap mahkluk lain
e) Ahlak terhadap alam semesta
6.Tauhid
a.Latar belakang: Dalam pembahasannya ilmu tauhid adalah imu yang menekankan tentang keesaan Allah SWT. Dan mempelajari tentang sifat-sifatnya dan kewajiban seluruh makhluk alam semesta tunduk atas perintahnya
b. Tujuan: Mengetahui dan berusaha memahami dalil keesaan Allah baik secara tafsiliy maupun ijmaliy
c. Ruang lingkup ilmu tauhid:
a) Menterjemahkan dan memahami sifat-sifat Allah dengan baik dan benar
b) Memahami pengertian dalil tafsily dan ijmaly
c) Memahami tauhib rubbubiyah dan huluhiyah

7. Sejarah social Islam
a. Latar belakang: perjalanan Islam bisa lepas dari faktor sejarah. Dari pembawa pertama Islam itu sendiri dan para penerusnya sampai sekarang bahwa kita harus mengetahui dan berterimakasih karena jasa merekalah hingga kita nbisa masuk dan mengamalkan ajaran Islam
b. tujuan: para siswa bisa mengenal Rasulullah SAW sebagai pembawa agama Islam, para tokoh dan peradaban Islam yang terdahulu
c. Ruang lingkup sejarah social Islam
a) Sejarah Nabi Muhammad
b) Sejarah Khulafaurrasyidin
c) Sejarah Bani Umayyah
d) Sejarah Bani abbasiyah
8.Bahasa Arab dan gramatikanya
a. Latar belakang: bahasa Arab adalah bahasa yang mempunyai susunan dan kaidah yang sistematis. Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik reseptif maupun produktif.
Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun tulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.
b. Tujuan: Mata pelajaran Bahasa Arab:
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
c. Ruang lingkup bahasa Arab:
a) Menterjemahkan dengan baik dan benar
b) Nahwu Shorof
c) Mengetahui istilah-istilah modern
d) Hiwar, muzakaroh, musyawaroh dengan bahsa Arab


8.Ilmu Antropologi
a. Latar belakang: adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu.
b. Tujuan: sebagai dasar untuk mengetahui keadaan masyarakat (perindividu) dan memahami masalah yang dihadapi
c. Ruang lingkup ilmu Antropologi:
a) melihat dan mengenali ciri-ciri fisik
b) memperhatikan adat istiadat budaya
9.Bahasa Indonesia
a. Latar belakang: Indonesia terdiri dari pelbagi suku dan daerah yang mempunyai bahasa yang berbeda-beda dan sering kali terjadi kesulitan dalam berkomunikasi antar suku satu dengan suku lainnya. Maka untuk solusinya adalh menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.
b. Tujuan: berusaha menyatukan antar suku yang berbeda melalui komunikasi yang dapat saling difahami
c. Ruang lingkup bahasa Indonesia
a) Memahami susunan bahasa dengan baik (memahami)
b) berusaha bagaimana berbicara dengan baik dan benar (berbicara)
c) mengetahui kosa kata dan bahasa kontemporer dalm bahasa Indonesia (menganalisis)
10.Bahasa Inggris
a. Latar belakang: dunia modern sekarang tidak lepas dari pengaruh komunikasi terutama bahasa Inggris. Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris juga tela menjadi salah satu mata pelajaran yang berpungsi untuk memahami ilmu-ilmu yang yang berbahasa Inggirs. Maka melihat kondisi sekarang bahasa Inggris sangat diperlukan
b. Tujuan: berusaha berbicara dengan baik dan benar ketika berada di dalam forum formal
c. Ruang lingkup bahasa Inggris
a) Speaking
b) Reading
c) Listening
11. Matematika
a. Latar belakang: Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
b. Tujuan: Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh, Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
c. Ruang linkup Matematika
a) Ilmu arit matika
b) Ilmu Geometri
c) Ilmu Aljabar
ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

12. ITI: Kumputer
a. Latar belakang: perkembangan pesat ilmu pengetahuan menuntut manusia untuk bergerak cepat seiring dengan pesatnya ilmu pengetahuan itu sendiri. Teknologi adalah hasil dari ilmu pengetahuan dan manusia dituntut untuk menguasainya demi untuk mempercepat dalam mendapatkan ilmu pengetahuan melalui teknologi tersebut
b. Tujuan: supaya tidak gaptek, untuk membantu dalam proses belajar
c. Ruang lingkup ITI
a) Cara mengoprasikan computer dengan baik
b) mempelajari software dan hadware computer

STRUKTUR KURIKULUM

Komponen Kelas dan Alokasi Waktu
1 11 111
A. Pendidikan agama Islam
1. Al-quran dan al-Hadis 2 2 2
2. Mushtholahulhadis 4 4 4
3. Fikih 4 4 4
4. Ahlak 2 2 2
5. Tauhid 4 4 4
6. Sejarah social Islam 2 4 4
B. Ilmu Antropologi 2 4 4
C. Matematika 4 2 2
D. Bahasa Arab dan gramatikanya 4 4 4
E. Bahasa Indonesia 4 6 6
F. Bahasa Inggris 4 2 2
G. Matematika 4 4 6
H. ITI 4 4 4
Jumlah 44 46 48

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar